PELAYANAN AKSEPTOR KB IMPLANT DAN LUD DESA SEKECAMATAN BODEH

April 2018

Dilaksanakan kegiatan penyuluhan Pelayanan Akseptor KB Implant dan LUD bertempat dipuskesmas kebandaran, kegiatan ini diikuti Oleh perwakilan desa-desa sekecamatan bodeh. Dari desa karangbrai (Dusun Bagolan) mengirimkan 10 orang.

Implant adalah kontrasepsi jenis lain yang bersifat hormonal, dan dimasukkan kebawah kulit. Ada beberapa jenis implant, yang biasa dipakai di Indonesia adalah norplant. Implant merupakan salah satu metode kontrasepsi yang efektif berjangka 2-5 tahun.

implant dibagi menjadi beberapa jenis berikut ini:

  1. Norplant terdiri atas enam batang silastik lembut berongga denganpanjang 3,4cm dengan diameter 2,4 mm yang diisi dengan 36 mglevonogestrel. Lama kerjanya lima tahun.
  2. Implanon terdiri atas satu batang putih lentur dengan panjang kira-kira40 mm dan diameter 2 mm, yang diisi dengan 68 mg 3-ketodesogestreldan lama tiga tahun.
  3. Jadena dan Indoplant terdiri atas dua batang yang berisi 75mglevonoegestel dengan lama kerja tiga tahun.

LUD  Adalah Alat kontrasepsi yang Bermuda plastik yang di masukan ke dalam vagina dengan bentuk T. Letak alat kb ini akan berada di rahim agar mencegah sperma untuk masuk sehingga tidak dapat membuahi sel telur. IUD di juga jenis alat kontrasepsi yang efektif di gunakan dan juga bisa jangka lama digunakan. Karena ada jenis IUD yang bisa digunakan dalam rentan waktu 5 tahun atau juga ada yang 10 tahun lamanya, sehingga tidak perlu khawatir dengan untuk lupa seperti menggunakan pil kb.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*